Pages

Selasa, 01 Februari 2011

Fenomena Halo Matahari


Halo Matahari - Fenomena Alam, adalah sebuah fenomena alam yang terjadi pada siang hari di kawasan kota bogor pada hari ini selasa 12 oktober 2010, dimana fenomena alam yang langka ini dapat disaksikan dengan mata telanjang. Bagi anda belum mengerti tentang fenomena halo matahari maka berikut adalah penjelasan tentang istilah "halo matahari" yang melanda kota bogor tersebut;
Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi Matahari. Halo juga bisa terjadi di sekitar Bulan pada malam hari. Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.

Nah apabila anda ingin mengetahui mengenai berita mengenai peristiwa fenomena alam halo matahari ini yang tentu saja bisa memberikan kita hikmah bahwa kuasa alam masih diatas segala-galanya yang ada di bumi ini, dan berikut adalah berita yang dapat biongo rangkum mengenai halo matahari;

Berita Fenomena Alam Halo Matahari
Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena pelangi di sekeliling matahari adalah cincin atau Halo matahari. Hal itu disebabkan pembentukan kristal es di awan, lalu terjadi pembiasan sinar matahari sehingga menimbulkan efek pelangi. Menurut Thomas pembentukan kristal es terjadi karena suhu di awan dingin. "Kalau saya lihat kristal es terjadi di awan rendah, ketinggiannya sekitar 2 hingga 3 kilometer," ujarnya dihubungi detikbandung melalui telepon, Selasa (12/10/2010).

Pembentukan kristal es di awan rendah, kata Thomas, menimbulkan efek gelap di tengah matahari. "Sebenarnya di tengah matahari itu bukan ada bulatan hitam, namun kan di sekelilingnya terjadi pembiasan cahaya hingga timbul efek pelangi, makanya di tengahnya menjadi lebih gelap," jelas dia. Sekitar pukul 11.00 WIB, warga Jalan Ngamprah Padalarang Kabupaten Bandung Barat heboh dengan 'keanehan' yang terlihat di matahari siang ini, Selasa (12/10/2010). Di sekeliling matahari terlihat pelangi dan di tengahnya terdapat bintik hitam. (source:detik.com)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar