Pages

Kamis, 02 Februari 2012

My Gurindam :D


Gurindam

Hidup bersusah payah belajar keras
Kelak kita akan menerima balas
          Makna : Hidup ini merupakan sebuah perjuangan untuk meraih cita-cita kita. Maka kita harus berusaha untuk meraih cita-cita tersebut yang salah satunya adalah dengan belajar git. Dengan kita belajar giat, maka kita akan menerima balasan sesuai dengan usaha kita. Usaha semakin keras, maka balasannya lebih besar juga.
         

Barang siapa selalu berbuat mulia
Surga indah telah menanti kita
          Makna : manusia tidak ada yang sempurna. Manusia hanya bisa melakukan segala sesuatunya sesuai kemampuannya. Manusia juga sudah mempunya pedoman hidup yaitu kitab suci Al-Qur’an. Manusia dituntut agar selalu berbuat mulia kepada siapa saja. Kelak nanti kita akan mendapatkan balasan berupa surga yang indah.


Rajin-rajin melakukan sholat
Bila ingin selalu sehat
          Makna : sholat yang kita lakukan sehari lima kali merupakan salah satu rahasia besar yaitu bisa mnyehatkan tubuh kita. Di setiap gerakan sholat ada makna dan manfaat tersendiri yang belum kita ketahui secara mendalam. Intinya, sholat membuat badan kita tetap sehat.
Berdzikirlah setiap hari dengan sendu
Hidup tenang, hatinya juga maju
          Makna : dzikir yang dilakukan biasanya setelah sholat merupakan salah satu sarana mendekatkan diri kepada ALlah SWT. Dzikirlah dengan sendu dan dilakukan secara sendirian dengan membenamkan perasaan takut kepada-Nya. Dengan dzikir sebenarnya dapat membuat hati kita menjadi tenang. Dengan hati yang tenang bisa mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat yang membawa kemajuan baginya.


Hidup untuk berkarya bekal budi
Mati tenang diterima di sisi Illahi
Makna : manusia memiliki umur yang terbatas. Dan kita tidak akan pernah tahu seberapa banyak umur kita nanti. Yang jelas hidup itu harus digunakan untuk melakukan hal-hal kebaikan yang dapat membawa kita ke kehidupan yang abadi, surga. Kita bisa mati dengan khusnul khotimah bilamana kita selalu dekat dengan Allah SWT dan hanya menyembah Allah SWT bukan pada yang lain agar bila kita meninggal nanti bisa diterima di sisi-Nya.




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar