Pages

Rabu, 21 November 2012

Because Writing is Our World

              Hari ini tanggal 21 November 2012, aku mengikuti kegiatan Workshop Creative Writing (WCW) yang diadakan oleh BEM FISIP UB. Kegiatan ini sangat menarik bagi diriku sendiri mengingat hobiku juga menulis. Karenanya, aku ingin bisa menambah pengetahuan bagaimana menulis sebuah karya yang baik dan menarik. Para pematerinya juga merupakan penulis buku yang sangat handal. Ada Aan Syafrani, Indra Widjaya, Christian Simamora, dan Windy. Mereka sangat expert dalam hal pembuatan karya. Mereka juga sudah memiliki karya-karya yang sudah dipublikasikan secara nasional berupa novel-novel yang sangat menarik.
              Aku hadir di ruang lantai 7 FISIP tepat pada pukul 08.00 am. Tetapi pada saat itu, masih sedikit peserta yang sudah datang. Tak lama kemudian, para peserta mulai berhamburan datang memenuhi ruangan yang telah disediakan. Semua sudah siap di kursi masing-masing setelah melakukan registrasi.
Sang moderator masuk yang bernama Budi. Dia kemudian melakukan pembukaan dan membacakan susunan acaranya. Tibalah pada inti acara yaitu materi mengenai penggalian ide hingga penerbitan buku atau karya yang dipresentasikan oleh semua pemateri yang hadir. Mereka semua melakukan presentasi dengan sangat bagus. Hal itu terlihat dari para peserta yang antusias mendengarkan kata demi kata yang disampaikan oleh semua pemateri.
          Materi yang saya tangkap cukup banyak. Bahkan aku mempunyai ide untuk membuat suatu karya dan menerbitkannya. #amiiin. Dengan workshop tersebut pastinya semua peserta sangat bersemangat mengetahui bahwa setiap orang bisa menulis. Karena menulis itu bukan suatu bakat yang dimiliki oleh seseorang. Melainkan sebuah keterampilan yang bisa dimiliki oleh setiap individu. Jadi, persiapkan diri kita untuk menulis segala sesuatu yang ada dibenak kita. Menulis bisa kita lakukan dari menuangkan ide-ide yang kita pikirkan ke dalam catatan kecil di buku atau di hape, setelah ide-ide terkumpul, kita bisa menggabungkannya menjadi suatu kumpulan ide yang bisa saja berkaitan. Dari ide-ide tersebut kita tulis secara detail mengenai ide tersebut. Terus dikembangkan sampai sebuah karya benar-benar selesai dibuat.
          Jika karya kita sudah benar-benar mantap dan yakin, selanjutnya kita bisa menemui suatu media penerbit untuk ditawarkan kepadanya. Siapa tau karya yang kita buat nanti bisa diterima dan terbit. Dengan begitu, nantinya kita akan dapat banyak keuntungan yang bisa kita nikmati.
             So, mari kita terapkan budaya menulis. Kita bisa menulis apa saja yang ada dalam benak kita. Kalau kita menulis sesuatu pasti akan menjadi suatu kebiasaan yang bisa kita menjadikannya sebagai hobi. TULISLAH TENTANG DUNIA, MAKA DUNIA AKAN MENULISMU! XD

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar