Pages

Minggu, 02 Desember 2012

Interviewing Chief Executive of Management Days


Management Days 2012 Berjalan Lancar

          Management Days (MD) 2012 dibilang cukup berhasil dan lancar. Hal itu didasarkan pada hasil wawancara yang saya lakukan kepada Mas Dhonny Yuartha A., seorang mahasiswa jurusan Manajemen tahun 2010 kemarin pada hari Sabtu, sekitar pukul 14.15 di gazebo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Management Days adalah sejenis ritual tahunan yang harus dilakukan oleh maba jurusan Manajemen. Ritual itu bernama ospek jurusan. Hanya saja, kalau di jurusan Manajemen itu sendiri, osjurnya bernama Management Days yang disingkat dengan MD. MD 2012 ini bertemakan Get to Know The Important Things in Your Self and  Your Environment”. Dari MD tahun 2012, peserta akan dibekali segala sesuatu yang berubungan dengan Manajemen, perkuliahan, dan kehidupan kampusnya.
Persiapan dari awal sudah dilakukan dengan rapat koordinasi semua divisi panitia MD 2012. Masing-masing divisi yang diembannya harus bertanggung jawab dalam melakukan persiapan MD kali ini. Kemudian, setiap koordinator divisi (kodiv) harus nertanggung jawab pula kepada staff divisinya untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan nanti pada saat pelaksanaan MD 2012. Akan tetapi, dikatakan bahwa koordinasi antara ketua pelaksana (kapel) dengan divisi-divisi kurang begitu responsif. Hal tersebut dikarenakan pada saat mengadakan rapat berhalangan hadir, sehingga informasi yang disampaikan oleh kapel belum merata kepada semua divisi.
Perlu digarisbawahi bahwa secara keseluruhan, pelaksanaan MD 2012 sudah cukup sukses dan bahkan lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Hal tersebut dilihat dari rangkaian kegiatan MD. Yang pertama, saat pra MD, kehadiran peserta cukup banyak, peserta cukup antusias, sangat interest, dan fun, apalagi ditambah dengan aksi joget bersama panitia dan peserta dengan lagu yang cukup menggoyangkan badan.
Yang kedua, MD 1 yang dilakukan indoor di aula gedung D FEB UB, lebih menekankan pada penanaman materi dan aplikasinya, namun peserta tampaknya tidak semangat dalam menerima materi tersebut. Banyak peserta yang ngantuk bahkan sampai tidur. Meski kehadiran berkurang dari pra MD, kegiatan pada hari MD 1 cukup asyik. Ada beberapa games indoor yang disediakan oleh panitia. Permainan tersebut cukup memukau, karena banyak peserta yang tertawa terbahak-bahak melihat aksinya dalam permainan tersebut.
Yang ketiga, kehadiran peserta semakin berkurang dari MD 1. Entah mengapa hal tersebut terjadi. Kapel juga tidak mengetahui secara pasti mengenai kehadiran peserta yang semakin berkurang. Entah karena peserta bosan atau karena malas mengikuti kegiatannya. Perlu diketahui bahwa dalam MD 2 adalah kegiatan puncak dari yang namanya osjur 2012. Di MD 2, ada banyak kegiatan yang sangat menarik dan berkesan. Dari pagi ada banyak games outdoor  yang sangat mengasyikkan meski harus kotor-kotoran dan basah-basahan. Ada pula api keabadian yang suda dilakukan secara turun temurun dari angkatan terdahulu. Dari api keabadian tersebut, kita dituntut untuk bekerja sama satu angkatan menjaga api dari segala bahaya yang datang dari mana saja. Kegiatan MD 2 baru selesai jam 18.00.
Mengenai kesan-kesan yang dirasakan oleh mas Dhonny Yuartha A., dia sangat senang bisa menjadi kapel tahun ini. Karena dengan hal tersbut, dia akan semakin bisa bagaiamana belajar berkoordinasi satu dengan yang lainnya. Kemudian, dia juga mengatakan bahwa beberapa hal yang membuat dia berkesan yaitu, saat melihat peserta bermain games dan menjaga api keabadian. Dia senang karena melihat peserta MD cukup antusias dan bersemangat dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan selama MD 2012.
Selanjutnya, mas Dhonny juga berharap bahwa untuk MD tahun depan bisa diperbaiki lagi terhadap apa yang kurang saat MD 2012. Karena dengan begitu, pelaksanaan MD bisa semakin baik dan tentunya bermanfaat untuk semua yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Untuk tahun 2013, dalam penyambutan peserta MD harus benar-benar diperhatikan dalam penanaman nilai kekeluargaan, nilai kemanusiaan, dan softskill yang dikembangkan dengan cara kreatif sehingga bisa diterima dengan baik apa yang seharusnya peserta dapatkan selama pelaksaan MD.
VIVA MANAJEMEN!! VIVA!!!

Biodata singkat narasumber:
Nama           : Dhonny Yuartha Afrilian
NIM              : 105020200111091
TTL              : Malang, 9 April 1991
Alamat          : Malang
Jurusan/tahun : Manajemen 2010

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar