Pages

Rabu, 02 Januari 2013

UAS part ONE


English is Surprize
 story about the test of end semester.

      Hari kedua di tahun yang baru, 2013, merupakan UAS (Ujian Akhir Semester) pertama kali bagi mahasiswa baru di semua jurusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. UAS memang tidak asing bagi semua orang yang pernah duduk di kursi pendidikan, namun bagi kami mahasiswa baru cukup memberi ketegangan karena ini yang perdana. Meskipun begitu, maba (mahasiswa baru) pasti sudah mempersiapkan dengan matang semua materi yang akan diujikan khususnya untuk hari ini yang sudah berlalu. Tentunya besok akan menghadapi hal yang sama, hanya saja berbeda mata kuliah. UAS ataupun ujian lainnya yang terpenting itu harus siap dalam kondisi apapun karena sudah seharusnya dikerjakan dan kita tidak mungkin untuk mengulur waktu. Ujian itu harus dihadapi kawan, bukan untuk dihindari.
          Saya akan menjelaskan gambaran UAS secara keseluruhan pada kelas BA Manajemen FEB UB dan khususnya saya sendiri. UAS untuk hari ini berjadwal mata kuliah English. Dosen pengampu mata kuliah tersebut yaitu Ibu IiS Nur Rodliyah, M. Eg.. terlihat sebelum UAS perdana berlangsung, penghuni kelas BA sibuk dengan bukunya dan diskusi bersama. Bagi mereka English is easy, tetapi ada pula yang mengatakan bahwa English is hell. Tapi secara keseluruhan mereka belajar selagi waktu belum menunjukkan pukul 7.30 am.
          UAS perdana pun berlangsung di ruangan D.2 gedung D Manajemen FEB UB. Pengawas membagikan lembar jawaban dan soal ujian. Baru kemudian kami memulai mengerjakan setelah mengisi identitas terlebih dahulu. Kalian tahu seperti apa soal ujiannya? Jika kalian tahu, mungkin kalian akan sangat bahagia. Seperti kami di ruangan itu yang tertawa karena melihat soal ujiannya. Bagi saya tidak tahu apa alasan mereka tertawa ketika melihat soal ujian. Apakah mereka senang karena soalnya gampang? Atau sudah pernah dikerjakan? Atau menganggap itu seperti layaknya membalikkan telapak tangan? Jawabannya adalah surprize. Semua soal ujian English sudah pernah kami kerjakan bahkan sudah dibahas bersama Ibu Iis. Itulah apa alasan kami tertawa. Ini memang keadaan yang menyenangkan. Semoga saja kejadian seperti ini akan selalu berulang pada semua mata kuliah selama UAS.
          UAS perdana memang mengejutkan sekali bagi saya dan teman-teman saya. Ini sangat tidak terduga. Tetapi meskipun begitu, kami juga gusar karena jadwal UAS untuk besok hari Kamis tanggal 3 Januari 2013 adalah Matematika Bisnis. Tentu saja kami harus benar-benar belajar dengan serius untuk ujian mata kuliah ini. Kalian tahu bukan, yang namanya angka banyak juga yang ingin menghindarinya. Tetapi bagi saya, itu adalah sebuah tantagan yang memang harus dihadapi. Toh kita juga masih punya waktu yang cukup untuk belajar mempersiapkan ujian tersebut. Yang terpenting adalah jangan panik dan takut. Ujian ini hanya seberapa. Di masa yang akan datang masih banyak ujian-ujian yang lebih berat yang harus kita hadapi. Harus beribadah dan berdoa agar semua ujian itu dapat kita lewati dengan lancar dan menyenangkan.
          Tips UAS menurut saya sendiri adalah 3B. Apa itu 3B? 3B adalah BELAJAR, BERDOA, dan BERTAWAKAL. Semoga segala ujian yang ada di depan hidup kita dapat selalu kita hadapi dengan senyuman.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar