Pages

Rabu, 10 April 2013

DAFTAR PUSTAKA / BIBLIOGRAFI



PEMBAHASAN

1.      Pengertian Bibliografi
            Kata bibliografi berawal dari bahasa Yunani dengan akar kata Biblion : yang berarti buku dan Graphein : yang berarti menulis. Maka, kata bibliografi secara harfiah berarti penulisan buku. Dalam hal ini, bibliografi berarti kegiatan teknis membuat deskripsi untuk suatu cantuman tertulis atau pustaka yang telah diterbitkan, yang tersusun secara sistematik berupa daftar menurut aturan yang berlaku.
            Definisi bibliografi yang dalam KBBI disebut daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah.
            Menurut Gorys Keraf (1997:213) mendefinisikan bibliografi atau daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel-artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dan karangan yang sedang dikerjakan. Bagi orang awam, daftar pustaka mungkin tidak penting, tetapi bagi seorang sarjana merupakan hal yang sangat penting.
            Maka dapat kami penulis simpulkan bahwa bibliografi atau daftar pustaka merupakan kumpulan buku, artikel, laporan dan sebagainya yang dijadikan sumber bacaan sebagai bahan acuan penulisan karya ilmiah dengan mengikuti aturan penulisan yang berlaku.

2.      Jenis-jenis Bibliografi
            Jenis bibliografi yang dihasilkan dalam pembuatan publikasi sekunder akan tergantung pada jenis bahan pustaka yang akan didaftar. Misalnya, akan dibuat daftar yang berasal dari 

mau file tentang DAFTAR PUSTAKA secara lengkap? baiklah, kalian bisa download materi tentang daftar pustaka dengan meng klik link di bawah ini:

MATERI DAFTAR PUSTAKA

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar