Pages

Kamis, 18 April 2013

Prospek Ekonomi Indonesia di Tahun 2013




Prospek Ekonomi Indonesia di Tahun 2013
Indonesia telah memiliki prestasi yang cukup baik dalam perekonomian di tahun 2012, dengan pertumbuhan ekonomi dan Produk Domestik Bruto (PDB) yang cukup menjanjikan sehingga bisa survive dab bertahan di panggung perekonomian dunia. Walaupun telah mencatatkan hasil yang menjanjikan di tahun 2012, namun tidak lantas harus berpuas diri karena tantangan yang tidak kalah berat sudah menanti Indonesia di tahun 2013.
Iklim kompetisi ekonomi dunia yang semakin ketat era persingan bebas yang semakin mendekat dan luas diyakini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia di tahun 2013 ini. Berikut kita akan paparkan prospek ekonomi Indonesia di tahun 2013 ini beserta beberapa modal untuk melakukan persaingan.
Modal Persaingan yang Dimiliki dalam Prospek Ekonomi Indonesia di Tahun 2013
Seperti yang diungkapkan oleh Darmin Nasution, sebagai gubernur BI. Beliau menyatakan Indonesia memiliki beberapa modal untuk bersaing di kompetisi perekonomian di dunia  modal tersebut adalah ;
11.   Perekonomian yang Telah Teruji Stabil
Ini merujuk pada kondisi ekonomi Indonesia di tahun 2012 yang cukup stabil dan tahan terhadap goncangan yang diakibatkan oleh krisis dan fluktuasi ekonomi dunia yang kurang menentu.
22.     Permintaan Pasar Domestik yang Tengah Tumbuh
Indonesia sebagai salah satu dari negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia adalah pangsa pasar yang potensial untuk menyerap barang dan hasil produksi dalam negeri. Dengan penyerapan pasar dan konsumsi domestik dalam negeri Indonesia yang terus meningkat, maka di proyeksikan akan terus merangsang sektor industri dan perekonomian Indonesia terus menggeliat.
33.    Kepercayaan Investasi dari Investor Asing
Kepercayaan investasi dari para investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia masih cukup tinggi walaupun sempat terkendala oleh adanya konflik antara pekerja dan pengusaha. Kalau konflik buruh dan pengusaha bisa segera di selesaikan maka perekonomian Indonesia akan semakin tumbuhke arah yang positif dan menjanjikan di tahun 2013. Itulah modal yang di miliki negara kita dalam prospek ekonomi indonesia di tahun 2013, selanjutnya kita membahas perkiraan pertumbuhan ekonomi.
Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi dalam Prospek Ekonomi Indonesia di Tahun 2013
Masih menurut Bank Indonesia, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2013 diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan pada kisaran angka 11,6 hingga 12 persen pada tahun 2013 ini. Hal ini berdasarkan kepada pengamatan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, jika melihat investasi yang terus meningkat akan menjaga daya konsumsi masyarakat sehingga konsumsi rumah tangga akan meningkat dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi.
Sementara itu, Darmin menilai perekonomian nasional di tahun 2013 akan tumbuh hingga mencapai 6,3 sampai 6,7 persen syaratnya adalah simpul-simpul kendala struktural bisa di atasi dan tidak lagi menjadi kendala. Sementara sektor ekspor diperkirakan akan tumbuh meningkat menjadi 5,4 persen sampai 5,8 persen, sementara tekanan inflasi di 2013 akan terkendali dalam kisaran yang sudah di tetapkan yakni 3,5 hingga 5,5 persen. Itulah beberapa prospek ekonomi indonesia di tahun 2013.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar