Pages

Selasa, 10 September 2013

Jurusan Manajemen FEB UB Meraih Indonesia Best School of Management 2013

    
    

           Prestasi yang membanggakan diterima diujung pengawal Tahun Akademik 2013/2014. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Brawijaya (FEB UB) didaulat sebagai Indonesia Best School of Management versi MIX Marketing Communication Magazine.
Untuk kali keempat MIX Marketing Communication Magazine yang satu atap dengan Majalah Bisnis SWA mengadakan survei untuk memilih Indonesia Best School of Communications and Management. Pemilihan Sekolah Komunikasi dan Manajemen (termasuk Marketing) terbaik setara S1 di Indonesia ini dilakukan berdasarkan wawancara kepada stakeholders kampus yang terdiri dari calon mahasiswa, para orangtua, serta praktisi Human Resource di perusahaan (sebagai user).
Guna mendapatkan hasil yang lebih representatif, dari tahun ke tahun MIX berupaya menyempurnakan metodologi maupun cakupan survei. Dalam hal responden, misalnya, untuk menaikkan tingkat kepercayaan, pada tahun ini jumlah responden ditambah menjadi 2.100 (tahun sebelumnya 1600 responden).

             Adapun cakupan survei adalah Sekolah Manajemen setara S1 yang terakreditasi A dan B di seluruh Indonesia. Jumlah Jurusan/Program Studi Manajemen yang mendapatkan akreditasi A (57 sekolah) dan B (55 sekolah) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (masa berlaku akreditasi belum habis ketika survei dilangsungkan).
Ada delapan variabel tentang perguruan tinggi tersebut yang ditanyakan langsung kepada responden, yaitu: Reputasi, Kualitas lulusan,Kesesuaian antara biaya dengan nilai/manfaat yang diperoleh, Kesetaraannya dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri, Fasilitas pendidikan, Kontribusi sosial bagi lingkungan sekitar (Corporate Social Responsibility), Prestasi dan pencapaian-pencapaian yang sudah diraih, dan Rekomendasi 

            Sampel survei diambil dari populasi: 1) Siswa SMA/sederajat kelas 3 dan orangtua siswa di lima kota besar: Jabodebatek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Total responden siswa SMA dan orangtua siswa adalah 2.100 dimana 900 diantaranya tinggal di daerah Jadebotabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), dan masing-masing 300 responden di daerah lain. Survei kepada responden kategori ini dilakukan secara face to face; 2) Praktisi Human Resource (HR) di berbagai perusahaan di Indonesia sebagai user lulusan perguruan tinggi yang disurvei. Ada 75 HR executive yang disurvei untuk Sekolah Manajemen.
           Survei yang diselenggarakan pada bulan April-Juni 2013 ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dimana tingkat kesalahan sampling-nya (sampling error) sekitar 5,99% pada interval kepercayaan 95%.Hasil survei tersebut telah menempatkan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Brawijaya (FEB UB) sebagai Indonesia Best School of Management 2013 untuk Kategori A Accredited State UniversityPenganugrahan penghargaan dilakukan Kamis (5/9) malam di Hotel Shangri-La, Jakarta. Dalam perhelatan tersebut, Ketua Jurusan Manajemen FEB UB, Dr Fatchur Rohman dan Ketua Program Studi S2 Manajemen, Dr Noermijati hadir untuk menerima penghargaan.


            Selamat kepada FEB UB atas prestasi yang telah diraih oleh Jurusan Manajemen. Semoga pencapaian ini dapat memberikan inspirasi dan penguatan pada civitas akademika dan seluruh stakehorlders di masa yang akan datang. (Dok. Sekjur Manajemen, 7 September 2013 – Sumber: MIX-08/Agustus 2013) (ris/luth)

source

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar