Pages

Selasa, 01 Oktober 2013

Materi lengkap "Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan"

Ringkasan Materi BAB 3 Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan
Matakuliah Manajemen Pemasaran
A.    Komponen Sistem Informasi Pemasaran Modern
          Beberapa perusahaan telah mengembangkan sistem informasi pemasaran yang memberikan rincian yang mendalam kepada manajemen tentang keinginan, preferensi, dan perilaku pembeli.
à Pemasar mempunyai banyak informasi tentang bagaimana pola konsumsi bervariasi lintas negara.
à Setiap perusahaan harus mengelola dan mendistribusikan aliran informasi berkelanjutan bagi manajer pemasarannya.
à Sistem informasi pemasaran perusahaan harus merupakan persilangan antara apa yang kira-kira dibutuhkan manajer.
B.    Catatan Internal dan Intelijen Pemasaran
          Manajemen Pemasaran mengandalkan laporan internal pesanan, penjualan, harga, biaya, tingkat persediaan, piutang, utang, dan seterusnya. Dengan menganalisis informasi ini, mereka dapat menemukan berbagai peluang dan masalah penting.
à Siklus Pesanan-sampai-pembayaran
          Inti sistem pencatatan internal adalah siklus pesanan-sampai-pembayaran. Perwakilan penjualan, penyalur, dan pelanggan mengirimkan pesanan ke perusahaan. Departemen penjualan menyiapkan tagihan, mengirimkan salinannya ke berbagai departemen dan memesan ulang barang-barang yang habis. Barang-barang yang dikirimkan ini menghasilkan dokumen pengiriman dan penagihan yang dikirmkan ke berbagai departemen.
à Sistem Informasi Penjualan
          Manajer pemasaran memerlukan laporan yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan yang terkini. Perusahaan yang pandai memanfaatkan cookies, catatan penggunaan situs web yang disimpan di browser pribadi, merupakan pengguna pemasaran terbidik yang cerdik. Gadget teknologi mengubah sistem informasi penjualan dan memungkinkan wiraniaga mempunya informasi terbaru dari detik ke detik. Seperti penggunaan barcode yang memudahkan menghitung persediaan secara otomatis. Ini bisa menghemat waktu dan dapat meningkatkan produktivitas.
à Database, Gudang Data, dan Penggalian Data
          Saat ini perusahaan mengelola informasi mereka dalam database pelanggan, database produk, database wiraniaga, dan menggabungkan data dari berbagai database. Selanjutnya, perusahaan menyimpan data-data dan membuatnya mudah diakses oleh pengambil keputusan.
à Sistem Intelijen Pemasaran
          Sistem catatan internal memberikan data hasil, tetapi sistem intelijen pemasaran memberikan data saat ini. Sistem intelijen pemasaran adalah kumpulan prosedur dan sumberdaya yang digunakan manajer untuk mendapatkan informasi harian tentang berbagai perkembangan dalam lingkungan pemasaran.
          Sebuah perusahaan dapat mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas intelijen pemasarannya.
a.    Melatih dan memotivasi tenaga penjualan untuk menemukan dan melaporkan perkembangan baru
b.    Memotivasi distributor, pengecer, perantara lain untuk menyampaikan intelijen yang penting
c.    Membentuk jaringan eksternal
d.    Membentuk panel penasehat pelanggan
e.    Memanfaatkan sumberdaya data pemerintah
f.     Membeli informasi dari pemasok luar
g.    Menggunakan sistem umpan balik pelanggan online untuk mengumpulkan intelijen kompetitif


silahkan download file lengkapnya di bawah ini:
versi MS WORD => Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan
versi PPT => Mengumpulkan Informasi dan Memindai Lingkungan

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar