Pages

Rabu, 11 November 2015

Potret Pendidikan Indonesia Terkini

Potret Pendidikan Indonesia Terkini 
Optimis, Pendidikan Indonesia bisa lebih baik!

Pendidikan merupakan kunci utama bagi bangsa yang ingin maju dan unggul dalam persaingan global. Pendidikan adalah tugas negara yang paling penting dan sangat strategis. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan prasyarat dasar bagi terbentuknya peradaban yang lebih baik dan sebaliknya, sumber daya manusia yang buruk akan menghasilkan peradaban yang buruk. Melihat realitas pendidikan di Inodnesia masih banyak masalah dan harapan menjadi sulit dicapai.
Masalah pendidikan di Indonesia ibarat enang kusut. Banyak permasalahan yang terjadi di dalam pendidikan Indonesia bukan hanya sistem pendidikannya tetapi pelaku yang ada didalamnya. Lihat saja, banyak pelanggaran yang terjadi seperti banyak pelajar melakukan tawuran, narkoba, free sex, bahkan ada oknum guru yang harus jadi panutan melakukan pelanggaran yaitu membiarkan kecurangan yang terjadi saat UN dengan alasan agar para siswanya lulus 100%. Sungguh, ini merupkan keadaan yang sangat ironis. 

Mirisnya lagi yang bisa mengenyam pendidikan kebanyakan orang-orang golongan atas, yang memiliki uang lebih dan sementara orang-orang dari golongan bawah hanya bisa diam dan tak tahu harus berbuat apa. Lihatlah pada realitanya banyak calon calon generasi penerus bangsa tidak bersekolah dan alasannya terkait biaya pendidikan terlalu mahal. Akibat kondisi seperti ini, terjadi pengganguran dimana-mana, kriminalitas menjadi hal yang utama menjadi pekerjaan mereka, kemiskinan pun menjadi lingkaran setan yang sulit diputuskan. Beginalah realita bangsa Indonesia. 

Pendidikan memang sangat penting yang dijadikan sebagai salah satu alat untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan Indonesia. Untuk mewujudkan harapan tersebut, maka Indoensia harus segera dengan cepat membenahi diri menjamin pendidikan yang berkualitas dan bisa dijangkau oleh semua kalangan.  

Memang ketika kita melihat segudang permasalahan pendidikan Indonesia, akan tetapi ada secuil cahaya harapan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang lebih merata dan lebih baik. Masih banyak orang yang peduli dengan pendidikan, mereka bisa melakukan program pengabdian masyarakat dibidang pendidikan untuk masyarakat yang tertinggal. Masih banyak lembaga dan yayasan menampung orang-orang yang tidak mampu untuk mengenyam pendidikan sehingga mereka akan mampu memiliki pola pikir yang maju. Kita sebagai generasi penerus tidak boleh pesimis akan buruknya pendidikan Indonesia kini, karena masih ada harapan yang bisa kita ambil untuk mengubahnya. Jadilah generasi penerus yang optimis, karena nantinya kitalah yang akan memperbaiki dan memajukan pendidikan di Indonesia. Impian adalah harapan kita semua. Pendidikan Indonesia lebih merata dan maju. Pendidikan itu adalah yang mampu menyiapkan generasi penerus untuk memilki akhlak dan moral yang baik. Selain itu, ditunjang dengan nilai nasionalisme dan religiusitas. Generasi penerus yang akan menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.  

Optimislah karena masih ada secuil harapan yang bisa kita raih. 


@sukrisw

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar